Assault on titan apakah ending animenya berbeda dengan manga

Dengan series anime Attack on Titan yang sudah data sgp memasuki fase terakhir ceritanya apakah sang kreator akan mengadaptasi akhir cerita dari sumber asli atau justru menghadirkan ending yang berbeda? Setelah lebih dari 12 tahun berjalan, Hajime Isayama akhirnya menghadirkan babak terakhir dari cerita Attack on Titan versi manga yang resmi dirilis pada April 2021 kemarin.

Isayama benar-benar menghadirkan seluruh emosi dalam cerita akhir tersebut, yang mana hal itu menjadi sesuatu yang banyak disorot oleh para fans. Dan di sisi lain, hal tersebut juga menjadi daya tarik dari seriesnya. Hal ini juga yang sekarang sedang terjadi dalam versi animenya, di mana anime Attack On Titan Season 4 Part 3 akan jadi penutup ceritanya. Yang menjadi pertanyaan besarnya kemudian apakah Attack on Titan versi anime akan hadirkan ending yang berbeda?

Akhir Cerita Attack On Titan
Seperti yang Geeks ketahui, musim keempat dari anime Attack on Titan menjadi musim terakhir seriesnya. Di musim ini, kita melihat puncak pertempuran antara bangsa Marley dan juga Eldia. Di awal musim kemarin, banyak momen epik yang terjadi. Contohnya, bagaimana Eren Yeager berhasil menyusup ke Liberio dengan menyamar menjadi salah satu bangsa Eldia yang terluka.

Kemudian, momen tersebut dia manfaatkan untuk membalas dendam atas apa yang Reiner lakukan di awal musim yaitu menyerang distrik Shiganshina dengan menyamar menjadi bagian dari Survey Corps. Eren sendiri memutuskan untuk menyerang balik Eldia dengan meminta bantuan Survey Corps yang lain. Dan hal ini pun membuat Eren akhirnya berhasil menghabisi banyak nyawa Eldia, termasuk Willy Tybur.

Yang lebih epik lagi adalah bagaimana Eren mampu mencuri kekuatan Warhammer Titan dari keluarga Tybur. Sayangnya, momen ini juga harus diwarnai oleh momen menyedihkan ketika Sasha Braus harus tewas di tangan Gabi. Momen epik lainnya adalah bagaimana Eren Yeager berhasil menjalankan misi atau rencana besar yang dia bangun bersama saudara sambungnya, Zeke Yeager.

Zeke dan Eren memiliki rencana untuk menghabisi seluruh bangsa Eldia dengan mengaktifkan Rumbling. Rumbling sendiri merupakan momen yang sempat dijanjikan oleh Karl Fritz, di mana dengan menggunakan kekuatan Founding Titan seseorang bisa mengendalikan seluruh Titan yang ada di dunia. Eren sendiri sadar bahwa dia tidak bisa menggunakan kekuatan tersebut.

Karena itulah, Eren membutuhkan bantuan dari Zeke. Di Season 4 Part 2 kita melihat bagaimana Eren berhasil menjalankan rencana besarnya tersebut, di mana sosok Zeke menyadari bahwa dia sudah dimanfaatkan oleh Eren untuk tujuannya. Eren bahkan sempat bertemu dengan Ymir Fritz di dunia Path dan meminta izin untuk menggunakan kekuatan Founding Titan. Dan akhirnya Eren pun berhasil menjalankan Rumbling dengan mengerahkan jutaan Titan untuk menghancurkan seluruh manusia kecuali bangsa Eldia di pulau Paradis.

Adaptasi Versi Manga
Season 4 Part 3 dari anime Attack on Titan baru saja dimulai dan akan menjadi penutup dari seluruh cerita seriesnya. Yang kemudian menjadi pertanyaan besarnya adalah bagaimana kemudian Hajime Isayama akan menutup ceritanya. Atau bagaimana Isayama akan menyuguhkan akhir cerita Attack on Titan. Yang menarik adalah ada dua opsi yang bisa diadaptasi oleh Isayama untuk hal ini.

Pertama, yang paling jelas, tentunya mengadaptasi cerita akhir dari sumber aslinya yaitu manga. Yang menarik adalah ketika Isayama menutup cerita Attack on Titan versi manga, banyak kontroversi yang muncul di kalangan fans. Alasan terbesar mengapa kemudian kontroversi ini muncul adalah akhir cerita yang disuguhkan oleh Isayama tidak sesuai dengan apa yang diharapkan para fans.